Sunday 31 March 2013

Faktor Penyebab Komputer yang Sering Restart Karena Hardware


Penyebab yang paling umum dan sering dialami oleh komputer saat sering restart mendadak karena 2 hal, yang pertama karena hardware & yang kedua karena software. Nah pada kali ini saya hanya memposting karena hardware saja. Berikut faktor yang jadi penyebab komputer restart terus :

1.      Prosesor yang Overheat atau Terlalu Panas

Prosesor yang overheat akan mengeluarkan suhu tinggi yang akan terdeteksi oleh sensor suhu yang kemudian ditransmisikan ke BIOS. Dalam kondisi seperti ini, chip BIOS akan memutus IRQ (Interupt Request) secara mendadak.
Penyebab utama overheat prosesor bisa karena aplikasi yang memakan cache terlalu banyak, serta karena heatsink yang salah penempatan.


2.      RAM yang Timpang

Jangan sembarangan menggunakan D-RAM, dari jenis SDR, DDR dan sebagainya. Maksud dari timpang ini adalah memperhatikan dari jenis SLOT RAM dalam MotherBoard, apakah 1 slot atau 2 slot. Jika 2 slot, jangan memasang RAM yang berbeda jenis yang walaupun tidak bermasalah dan PC tetap berjalan, namun sebenarnya tidak optimal. Misalnya menggabungkan 512 MB dengan 1 GB, hal tersebut tidak akan bermasalah, PC tetap berjalan namun tidak optimal.
Pada saat Prosesor membutuhkan caching & shadowing tinggi dari RAM, pada saat itu pula akan terasa penggabungan RAM yang tidak sesuai yang akan menyebabkan prosesor kurang optimal, dan bisa mendadak blue screen dan hal itu bisa terulang kembali jika beban cache secara sequential sedang tinggi.


3.      VGA yang Overheat

VGA yang cepat panas tidak hanya disebabkan oleh heatsink yang sesuai, tapi bisa dikarenakan ketidaksesuaian antara slot PCI Express / PCI dengan jenis VGA. Perhatikan juga cara memilih VGA yang tepat, karena bisa menyebabkan VGA ngelag serta mengeluarkan gambar pecah dan kurang maksimal.


Nah cuma segitu yang dapat saya posting kali ini. Mudah-mudahan bisa membantu :)

   

No comments:

Post a Comment

Mengatasi JARVIS yang Tidak Mau Merespon Perintah

Kalau sudah menonton Iron Man pasti tau Jarvis, ya asistennya Tony Stark. Kita semua pasti memikirkan betapa senangnya jika memiliki Ja...