Friday 2 September 2016

Perkenalan [Jikoshoukai] Dalam Bahasa Jepang


     Mengerti multi bahasa pasti keinginan semua orang, selain menjadi kebanggan tersendiri juga bermanfaat ketika kita hendak pergi ke luar negeri. Diantara berbagai bahasa asing yang ada di dunia, bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa favorit untuk dipelajari. Budaya Jepang yang telah masuk ke Indonesia lebih awal menjadikan alasan utama orang mempelajari bahasa tersebut.

     Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas bareng-bareng tentang perkenalan dasar dalam bahasa Jepang. Ini merupakan langkah yang paling dasar dalam berbahasa Jepang. Walaupun termasuk langkah paling dasar, tetapi memiliki manfaat yang luar biasa. Oke, langsung aja kita mulai...

  1. Hajimemashite
    Perkenalan dalam bahasa Jepang biasanya diawali dengan kata "Hajimemashite". Biasanya diucapkan kepada orang yang baru pertama kali bertemu.

  2. Watashi wa (nama) desu
    Kalimat ini berarti pembicara menyebutkan namanya, baik nama lengkap maupun nama panggilan saja. Biasanya disebutkan paling awal dan setelah mengucapkan Hajimemashite.

  3. (kelas) no (tingkat) nensei desu
    Untuk yang masih sekolah dianjurkan mengucapkan kalimat ini. Sebab kalimat ini mengartikan bahwa pembicara menyebutkan nama kelas / jurusan, untuk penyebutan tingkat menggunakan angka.

  4. (kota kelahiran) kara kimashita
    Kalimat ini berarti pembicara menyebutkan kota kelahiran, dan biasanya menggunakan nama kota besar seperti Bandung, Surabaya, Jakarta, dan sebagainya. Kalimat ini juga bisa digunakan ketika kita berada di luar negeri, kita hanya mengganti kota kelahiran menjadi negara asal.

  5. (alamat) ni sundeimasu
    Kalimat ini menyebutkan alamat rumah pembicara, biasanya hanya menyebutkan kotanya saja.

  6. (nama sekolah) no seitu desu
    Pada kalimat ini, pembicara menyebutkan nama sekolahnya, dan biasanya pengucapan nama sekolah tidak sekaligus disebutkan dengan alamat sekolahnya.

  7. Douzo yoroshiku onegaishimasuTerakhir, ketika selesai perkenalan diri ucapkanlah kalimat diatas. Secara tidak langsung kita meminta bantuan dan bimbingan dari mereka / lawan bicara.
Jadi, Perkenalan dalam Bahasa Jepang kurang lebih seperti ini:
Hajimemashite

Watashi wa
(nama) desu(kelas) no (tingkat) nensei desu(kota kelahiran) kara kimashita(alamat rumah) ni sundeimasu(nama sekolah) no seito desu
Douzo yoroshiku onegaishimasu
*untuk kata dalam kurung silahkan isi sendiri

     Nah mungkin cuma segini pembahasan tentang Perkenalan [Jikoshoukai] dalam Bahasa Jepang, semoga bermanfaat. Kalo ada masukan, saran, dan lain sebagainya silahkan isi di kolom komentar yaa...




No comments:

Post a Comment

Mengatasi JARVIS yang Tidak Mau Merespon Perintah

Kalau sudah menonton Iron Man pasti tau Jarvis, ya asistennya Tony Stark. Kita semua pasti memikirkan betapa senangnya jika memiliki Ja...